Menkominfo Tinjau Menara Mitratel di Perbatasan

Kominfo Morotai

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengunjungi Morotai, Sulawesi Utara dalam rangka memastikan layanan Palapa Ring Paket Tengah beroperasi dengan baik. Pembangunan infrastruktur ini dilakukan oleh BAKTI bekerjasama dengan beberapa perusahaan penyedia infrastruktur telekomunikasi.

Selain Palapa Ring, untuk mewujudkan desa terlayani sinyal, BAKTI juga membangun BTS (Base Transceiver Station). BTS ini dibangun dan dioperasikan oleh tiga anak perusahaan Telkom yaitu Telkomsel sebagai penyedia operator seluler BTS, Mitratel sebagai penyedia power solar panel dan tower, serta Metrasat sebagai penyedia transmisi VSAT.

Dalam kunjungan tersebut, EGM B2S Makhdor Rosadi bersama GM Business Project Oslan mendampingi Menkominfo meninjau BTS di kawasan tersebut.

Pada tahun 2016 terpasang 8 BTS melayani 16 desa. Sementara tahun 2017 terpasang 31 BTS melayani 72 desa sehingga seluruh desa ( 88 desa) tercover jaringan telekomunikasi. Dan pada tahun 2018 terpasang 6 BTS oleh Telkomsel dengan kapasitas 4G. Sehingga sampai tahun 2018 Pulau morotai sudah terpasang 45 Tower BTS dengan kapasitas 2G berjumlah 29 BTS menggunakan teknologi Solar panel  & VSAT serta 16 BTS  kapasitas 4G.

Pulau Morotai sudah merdeka signal lebih cepat satu tahun dari target nasional ” Indonesia Merdeka Signal 2019″. Mitratel mempunyai kontribusi yang signifikan dalam memajukan  signal seluler di bidang infrastruktur menara telekomunikasi  menggunakan solar panel.