Mitratel

Permudah Pelanggan, Mitratel Kembangkan Sistem Digital Terpadu

Perkembangan teknologi digital terutama di bidang industri telekomunikasi telah membuat semua bisnis proses di dalam perusahaan menjadi serba digitald. Mitratel sebagai bagian dari Telkom Group yang mengelola menara telekomunikasi mengembangkan suatu sistem yang dapat memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi yang akurat dinamakan CRM Application System.

CRM atau Customer Relationship Management merupakan
strategi yang diterapkan oleh Perusahaan dalam mengelola hubungan dengan
pelanggan dan calon pelanggan untuk memberikan layanan serta produk yang
berkualitas.

Direktur Utama Mitratel Teddy Hartoko menyampaikan bahwa Mitratel
terus meningkatkan performa layanannya dengan membentuk sistem yang dapat
diakses secara digital oleh seluruh pelanggan Mitratel. Sistem ini diharapkan
mampu memberikan informasi detail kepada pelanggan tentang kondisi perangkat,
tower, serta seluruh data pendukung yang dibutuhkan oleh pelanggan.

“Kami mengembangkan suatu sistem yang berkelanjutan dan berorientasi
kepada bisnis masa depan dengan menyediakan desain teknis yang dapat
dioperasikan dengan mudah dan cara yang paling efektif dan efisien”, ujar Teddy
Hartoko saat melakukan Kick Off CRM Application System pada Senin(14/9).

Dalam pengembangan sistem ini, Mitratel menggandeng Telkom Sigma,
RPS, dan Nasctech yang memiliki pengalaman internasional dalam pengembangan sistem
monitoring secara digital.

Sistem baru yang dinamakan PIN1SI tersebut diharapkan dapat
digunakan pada bulan Desember 2020. Dengan adanya migrasi ke sistem baru ini
membuat segala informasi tentang produk Mitratel dapat disampaikan dengan mudah
dan cepat serta memberikan solusi terpadu kepada seluruh stake holders
Perusahaan.

Bagi Mitratel, sistem ini dapat meningkatkan pendapatan dan
keuntungan Perusahaan. Melalui sistem ini pula penjualan, pelayanan maupun operasional
perusahaan dapat dikelola dengan maksimal sehingga peluang untuk peningkatan
kinerja Perusahaan menjadi lebih terbuka.

Saat ini Mitratel memiliki lebih dari 16.000 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang menjadikannya perusahaan menara telekomunikasi terbesar ke-2 di Indonesia. Disamping penyediaan menara telekomunikasi, Mitratel juga menyediakan layanan Internet of Things diantaranya disaster management system, smart monitoring system, dan beberapa produk digital bisnis lainnya.

Video Kick Off CRM Application System dapat disaksikan disini : https://youtu.be/VNF5BxP171Q


Sinergi Mitratel dan Telkomsel, Tingkatkan Layanan Telekomunikasi Untuk Akselerasi Negeri

Di tengah
perkembangan pesat industri digital di Indonesia, kebutuhan akses layanan
telekomunikasi merupakan hal utama bagi masyarakat. Mitratel sebagai penyedia
layanan infrastruktur telekomunikasi bersinergi dengan Telkomsel dalam
memberikan layanan telekomunikasi secara konsisten untuk pemenuhan kebutuhan
masyarakat.

Mitratel dan
Telkomsel yang merupakan bagian dari Telkom Group sepakat melakukan kerjasama
memanfaatkan sarana penunjang untuk penyelenggaraan jaringan dan jasa
telekomunikasi. Sarana tersebut meliputi catu daya, ruangan, lahan, kolokasi,
tower, integrasi grounding, dan utilitas lainnya

Sebagai leading
digital telco company, Telkomsel berkomitmen untuk terus memberikan
perkembangan inovasi teknologi seluler di Indonesia. Usaha tersebut khususnya
untuk digital conectivity juga membutuhkan layanan infrastruktur jaringan yang
berkualitas tinggi yang saat ini dimiliki oleh Mitratel.

Kolaborasi antara
perusahaan telekomunikasi ini merupakan sinergi yang dibangun untuk mendukung
program pemerintah dalam usaha pemerataan kebutuhan layanan telekomunikasi bagi
masyarakat Indonesia.

“Sinergitas antara
Mitratel dan Telkomsel ini sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk terus
berkontribusi dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang merata di
Indonesia”, ujar Teddy Hartoko, Direktur Utama Mitratel.

Sementara itu Direktur
Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan bahwa Telkomsel berkomitmen
melanjutkan transformasi sebagai digital telco company dan siap mengakselerasi
negeri sebagai kontribusi nyata pada kemajuan telekomunikasi di tanah air.

Saat ini Mitratel
memiliki lebih dari 16.000 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh
Indonesia yang menjadikannya perusahaan menara telekomunikasi terbesar ke-2 di
Indonesia. Disamping penyediaan menara telekomunikasi, Mitratel juga
menyediakan layanan Internet of Things diantaranya disaster management system,
smart monitoring system, dan beberapa produk digital bisnis lainnya.


Mitratel Raih Anugerah BUMN Award 2020

Mengawali paruh kedua tahun 2020, Mitratel kembali menerima penghargaan bergengsi Anugerah BUMN 2020 (9/7). Acara yang bertajuk 9 th Anugerah BUMN 2020 merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN dan anak perusahaan BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.

Mengusung
tema “BUMN sebagai Lokomotif Perekonomian Nasional dalam Persaingan Global”, kriteria
penilaian difokuskan pada kinerja korporasi BUMN dan Anak Perusahaan BUMN
sepanjang tahun 2019. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan
Juri Anugerah BUMN Tanri Abeng.

Mitratel
meraih 2 (dua) penghargaan sekaligus yaitu Terbaik 1 kategori Strategi
Pertumbuhan dan CEO Strategic Orientation Terbaik kepada Bpk.Herlan Wijanarko.

Mewakili CEO
Mitratel, Direktur Operasi & IT Teddy Hartoko yang hadir pada malam
penganugerahan menyampaikan terimakasih atas apresiasi yang diterima Mitratel pada
event yang sangat membanggakan tersebut.

“Apresiasi
ini saya persembahkan kepada seluruh jajaran Mitratel dari Sabang sampai Merauke
yang dengan solid dan semangat yang tinggi mampu menorehkan prestasi dan
kinerja yang luar biasa di tahun 2019 yang lalu” ujar Teddy mengutip sambutan ex-Direktur
Utama Herlan Wijanarko.

Penghargaan
ini semakin memberikan motivasi bagi seluruh stake holder untuk terus berkarya
dan berkomitmen menjaga sustainability performansi di tahun 2020 dan
tahun-tahun yang akan datang.

Harapan,
prestasi dan kinerja perusahaan yang membanggakan ini menjadi kontribusi nyata
Mitratel kepada TelkomGroup, masyarakat dan negeri tercinta.


Mitratel Sediakan 125.000 Porsi Makanan Gratis Hingga Akhir Tahun 2020

Program Sarapan
Gratis untuk Sahabat Mitratel yang diluncurkan pada awal bulan April 2020 lalu
menuai tanggapan positif dari berbagai pihak terutama dari para pekerja non
formal. Total makanan yang telah terdistribusi ke Para Sahabat tanggal 10 April
- 23 Mei 2020 adalah 22.000 porsi.  Di
tengah krisis akibat Pandemi COVID-19 ini, program sarapan gratis tersebut
memberikan dampak signifikan baik terhadap pekerja informal maupun usaha
kecil/warung makan yang bekerjasama dalam program ini.

VP Legal &
Corporate Secretary Mitratel, Mulyanto mengatakan program ini dapat berjalan
dengan lancar dan akan dilanjutkan pada tahap II sampai akhir tahun 2020 murni
atas partisipasi Karyawan serta dukungan penuh dari Satgas Crisis Management
Team
(CMT) Mitratel.

Direktur Utama
Mitratel Herlan Wijanarko melakukan Kick Off perpanjangan program secara resmi
pada Senin (1/6) sesaat setelah Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti
oleh seluruh karyawan Mitratel secara online.

“Program Sarapan
Gratis awalnya kami rencanakan selama 1 (satu) bulan. Namun partisipasi/donasi
dari para Karyawan masih tetap tinggi dan penetapan masa darurat bencana pandemic
Covid-19 juga diperpanjang waktunya, sehingga kami memutuskan untuk melanjutkan
program ini sampai akhir tahun 2020. Total sebanyak 125.000 porsi makanan gratis
akan kami sediakan bagi Sahabat Mitratel mulai tanggal 1 Juni – 24 Desember
2020”, kata Mulyanto (1/6).

Program ini bekerja
sama dengan 50 warung makan tersebar di seluruh Indonesia yang menyediakan 10
bungkus sarapan per warung setiap harinya. Sahabat Mitratel
yang terdiri dari driver ojek, driver taksi, tukang sayur, dan pekerja non
formal lainnya dapat mengunjungi lokasi warung-warung tersebut untuk
mendapatkan makanan secara cuma-cuma.

Salah satu
pemilik warung makan di Bogor, Bapak Khaerudin menyampaikan sangat terbantu
dengan program Sarapan Gratis karena sejak pandemic Covid-19, omsetnya sempat turun
hingga lebih dari 50%. Sementara beberapa pengemudi ojek daring yang ditemui di
lokasi juga menyampaikan rasa terima kasihnya bisa mendapatkan makanan secara
gratis.

Lebih lanjut Mulyanto menambahkan bahwa
Program Sarapan Gratis merupakan salah satu kontribusi Karyawan Mitratel dalam
mendukung program pemerintah untuk membantu masyarakat. Ia juga berharap
kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan meringankan beban masyarakat
menghadapi pandemic Covid-19.

“Program ini sejalan dengan Purpose
Mitratel dalam membangun potensi untuk Indonesia yang lebih baik”, tutup
Mulyanto.


Rawan Kekeringan, Mitratel Bangun Fasilitas Air Bersih di Sragen

Bupati Kabupaten Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati melakukan peresmian sarana dan prasarana air bersih untuk masyarakat Desa karanganom Kec. Sukodono dan Desa Kandangsapi Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen. Sarana air bersih ini merupakan wujud kepedulian social (Corporate Social Responsibility) dari PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

“Pemerintah bersama-sama dengan para pelaku usaha bertanggungjawab dalam memberikan layanan bagi masyarakat terutama yang menyangkut kebutuhan primer”, kata Yuni panggilan akrab Bupati Sragen. Wilayah di sekitar Kec. Sukodono dan Kec. Jenar masih sangat membutuhkan sarana penyediaan air bersih, sehingga bantuan yang diberikan Mitratel sangat meringankan beban masyarakat di wilayah ini.

Sementara itu, Mitratel memiliki komitmen untuk selalu memberikan kontribusi dan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh stake holders termasuk lingkungan dan masyarakat khususnya di wilayah usaha yang tersebar di seluruh Indonesia. Mitratel juga selalu berusaha untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negara.

Direktur Utama Mitratel Herlan Wijanarko mengatakan bahwa air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Dengan kondisi lokasi sumber air yang cukup jauh dari pemukiman, maka tempat penampungan air ini menjadi salah satu solusi terbaik dalam penyediaan air bersih. Inilah alasan Mitratel mengarahkan program CSR-nya untuk menyediakan sarana dan prasarana air bersih. “Melalui program CSR, kami membantu masyarakat untuk menyediakan sarana penampungan air bersih beserta jaringan pipanisasi dan bak-bak distribusinya”, jelas Herlan.

Bupati Kabupaten Sragen dan Direktur Utama Mitratel secara simbolis membuka keran air dari bak sekunder sebagai tanda bahwa sarana penampungan air bersih tersebut sudah dapat digunakan oleh warga. Bupati memberikan apresiasi untuk Mitratel yang memberikan bantuan sarana air bersih bagi warganya.

“Dengan tersedianya air bersih diharapkan dapat meningkatkan sanitasi lingkungan yang berdampak pada pola hidup bersih dan sehat”. tutup Yuni.