Sambutan Direktur Utama
Kami berkomitmen untuk semakin memprioritaskan dan mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam operasi bisnis serta keputusan strategis kami.
Theodorus Ardi Hartoko
Direktur Utama
Pada tahun kedua kami menjadi perusahaan publik, kami semakin memahami betapa pentingnya peran prinsip keberlanjutan dalam usaha kami. Mitratel menyadari bahwa keberlanjutan usaha Perseroan tidak hanya didasarkan pada kinerja keuangan semata, tetapi juga bergantung pada masyarakat dan lingkungan di wilayah operasi Perseroan. Karenanya, Perseroan mengembangkan berbagai program ESG berdasarkan kesadaran bahwa keberadaan dan keberhasilan Mitratel sebagai perusahaan infrastruktur telekomunikasi terkemuka di Indonesia tergantung pada sikap perusahaan terhadap lingkungan, keterlibatan dengan sumber daya manusia, penerapan tata kelola perusahaan secara baik dan bertanggung jawab, serta penerimaan dari masyarakat sekitar.
Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk semakin memprioritaskan dan mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam operasi bisnis serta keputusan strategis kami. Prinsip keberlanjutan yang diterapkan oleh Perseroan berlandaskan pada pilar keberlanjutan Mitratel yang mencakup tiga pilar, yaitu Right Governance, Right Environmental, dan Right Communication (social) approach. Perseroan meyakini bahwa penerapan ketiga prinsip tersebut akan menghadirkan dampak positif bagi Perseroan serta seluruh pemangku kepentingan.
Pelaksanaan Strategi Keberlanjutan 2022
Sepanjang tahun 2022, pelaksanaan strategi keberlanjutan Mitratel diwujudkan melalui serangkaian inisiatif untuk meningkatkan kinerja keberlanjutan dalam aspek ESG. Dalam aspek lingkungan, kami telah menjalankan beberapa inisiatif untuk mengurangi jejak lingkungan kami, salah satunya dengan melakukan penggantian baterai pada menara rooftop dari jenis VRLA (Valve Regulated Lead–Acid) menjadi litium yang memiliki daya tahan lebih panjang sehingga mengurangi limbah sampah. Selain itu, melalui berbagai langkah yang kami lakukan, kami juga berhasil mengurangi emisi cakupan 1 sebanyak 7,5% dari 32.262 ton CO2 di tahun 2021 menjadi 28.899 ton CO2 di tahun 2022. Kami berupaya untuk terus mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan secara langsung dari operasi kami di masa mendatang.
Dari aspek sosial, kami melaksanakan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diwujudkan dalam bentuk program kerja tahunan serta dapat dipertanggungjawabkan kepada seluruh pemangku kepentingan. Program CSR kami memiliki semangat pemberdayaan guna mendukung kesinambungan usaha dan peningkatan nilai Perseroan.
Program CSR yang dilakukan oleh Mitratel diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan sosial seperti pemberian bantuan kepada berbagai pihak, mulai dari institusi keagamaan, lembaga sosial, lembaga pendidikan, hingga bantuan untuk korban bencana alam. Lebih dari itu, Mitratel juga memberikan bantuan dalam bentuk infrastruktur publik seperti revitalisasi akses jalan umum serta pembangunan sarana telekomunikasi.
Komitmen Mitratel untuk menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan tidak hanya dilakukan secara eksternal melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan, namun juga secara internal dengan secara seksama memperhatikan aspek-aspek kesetaraan gender, keselamatan dan kesehatan kerja, serta peningkatan kompetensi karyawan.
Dari sisi internal Perseroan, kami berupaya untuk memastikan bahwa setiap karyawan memiliki kesempatan yang sama dalam peningkatan kompetensi, kajian kinerja, pengembangan karier, dan menerima kompensasi dan apresiasi, serta memenuhi tanggung jawab Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap seluruh SDM dengan menyediakan fasilitas kesehatan dan melaksanakan program kesehatan kerja. Di samping itu, Perseroan secara berkesinambungan melakukan serangkaian program pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan kompetensi karyawan.
Peningkatan berbagai kinerja keberlanjutan tersebut juga diiringi dengan kemajuan dalam aspek ekonomi. Mitratel berhasil membukukan kenaikan pendapatan sebesar 12,5% menjadi Rp7.729 miliar di tahun 2022 dan dengan demikian dapat membangun lingkungan bisnis yang stabil dan berkelanjutan yang memperhatikan kepentingan semua pemangku kepentingan, baik itu pelanggan, karyawan, pemasok, pemegang saham, masyarakat, maupun lingkungan.
Pada tahun 2022, kami melakukan banyak perbaikan dan peningkatan dalam infrastruktur dan tata kelola keberlanjutan kami. Dari segi tata kelola, penyusunan strategi dan peta jalan keberlanjutan Mitratel untuk 10 tahun ke depan menjadi langkah besar untuk menyempurnakan tata kelola keberlanjutan Perseroan. Penyusunan kebijakan dan strategi keberlanjutan Perseroan yang melibatkan manajemen dan berbagai tenaga ahli independen ini bertujuan sebagai acuan dan arahan untuk menerapkan inisiatif keberlanjutan dalam aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial sebagaimana diamanatkan oleh para pemegang saham Perseroan.
Selanjutnya, salah satu aspek yang menjadi perhatian utama Perseroan dalam kegiatan usahanya adalah manajemen risiko dan keselamatan kerja. Dalam rangka memastikan bahwa kedua aspek tersebut dapat dikelola dan dilaksanakan sesuai standar tertinggi, Perseroan telah meraih sertifikasi ISO 31000 Risk Management dan ISO 27001:2013 Information Security Management System. Di samping itu, untuk menjamin keselamatan kerja, Perseroan telah mendapatkan sertifikasi ISO 45001 Occupational Health and Safety serta menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sebagai bagian dari standard operating procedures Perseroan.
Tantangan dan Rencana 2023
Perseroan telah mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan dalam penerapan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan. Mitratel menyadari agar pelaksanaan prinsip keberlanjutan dapat berjalan dengan baik, maka dibutuhkan pengetahuan dan kompetensi yang lebih luas terkait hal tersebut. Untuk itu, Perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kompetensi seluruh Insan Mitratel terkait bidang keberlanjutan. Selain itu Mitratel menyadari bahwa pada proses operasional perusahaan tidak terlepas dari risiko ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial.
Dengan berkaca pada kondisi saat pandemi ketika iklim ekonomi dan bisnis tengah diliputi oleh ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 yang terjadi sejak akhir tahun 2019, Perseroan berupaya untuk terus meningkatkan penerapan manajemen risiko di lingkungan Perseroan.
Tahun 2023 akan menjadi momentum bagi Perseroan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Peluang tersebut telah kami lihat, kami kaji, dan akan kami implementasikan di masa mendatang. Kondisi ekonomi yang diprediksi akan terus meningkat turut menjadi peluang bagi Perseroan untuk semakin meningkatkan kinerja keberlanjutan secara keseluruhan.Strategi dan peta jalan keberlanjutan yang telah disusun akan menjadi acuan dan arahan bagi Perseroan untuk mengimplementasikan berbagai program keberlanjutan Perseroan. Dengan demikian, kami akan sanggup memberikan dampak yang positif dan signifikan bagi semua pemangku kepentingan.
Ekonomi Indonesia yang telah menunjukkan ketahanan ekonomi yang kuat diperkirakan akan sanggup bertumbuh di tahun 2023. Bersamaan dengan itu, Pertumbuhan industri Teknologi, Informasi, Komunikasi (TIK) jelas merupakan peluang bagi pelaku di bisnis infrastruktur telekomunikasi. Kebutuhan akan menara dan infrastruktur telekomunikasi lainnya diyakini akan terus meningkat seiring dengan proses transformasi digital yang terjadi di berbagai lapisan masyarakat serta perkembangan teknologi 5G yang membutuhkan infrastruktur telekomunikasi yang lebih andal lagi. Hal ini akan menjadi peluang bagi Perseroan untuk turut meningkatkan kembali kinerja keberlanjutan secara keseluruhan melalui berbagai inovasi baru yang akan terus dikembangkan.
Sebagai penutup, kami atas nama Direksi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para pemegang saham, Dewan Komisaris, pelanggan setia, mitra bisnis, media, masyarakat luas, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya atas dukungan bagi pertumbuhan berkelanjutan Mitratel. Semoga era digital yang menghadirkan berbagai peluang tanpa batas dapat menjadi inspirasi untuk menghadirkan masa depan berkelanjutan yang membawa manfaat bagi semua pihak.
Atas nama Direksi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk
Theodorus Ardi Hartoko
Direktur Utama