Menu
Implementasi GCG
Perusahaan berkomitmen melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) secara konsisten agar senantiasa dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya.
Komitmen implementasi GCG dilandasi oleh pemahaman perusahaan bahwa :
- Dalam era kompetisi global, keberhasilan perekonomian negara sangat ditentukan oleh keberhasilan perusahaan-perusahaan yang ada. Perusahaan sebagai salah satu perusahaan tower provider dan penyedia infrastruktur telekomunikasi memiliki tanggung jawab untuk mendorong dan turut serta berperan bagi keberhasilan perekonomian negara.
- Pelanggaran tata kelola yang telah terjadi di korporasi seperti skandal beberapa perusahaan besar di dunia mendorong perusahaan untuk mewaspadai dan mencegah terjadinya praktik kecurangan pada manajemen yang tidak terdeteksi dalam waktu yang cukup lama akibat lemahnya pengawasan. Hal itu adalah upaya untuk mencegah kebangkrutan atau mengancam keberlangsungan usaha perusahaan.
- Perusahaan harus sepenuhnya memiliki tata nilai (corporate culture) yang merupakan inti dari corporate governance. Perusahaan terus melakukan peninjauan kembali penerapan GCG di Perusahaan dan memperbaikinya melalui kebijakan tata kelola perusahaan.
- Penerapan GCG sesungguhnya bukan menilai perusahaan apakah telah memiliki kebijakan atau cara tentang bagaimana mengelola perusahaan yang baik, melainkan lebih dari itu menuntut setiap orang-orang yang ada di perusahaan untuk menjalankan praktik pengelolaan perusahaan yang baik (good governance) dengan bertindak untuk kepentingan korporasi dan bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok.
- Saat organisasi semakin besar dan berkembang, maka penerapan GCG dalam sebuah korporasi tidak mungkin diserahkan atau tergantung pada orang akan tetapi perlu dibuat kebijakan atau pedoman yang mengaturnya.